TENUN IKAT POPULER DI TIMUR TENGAH

Tenun Ikat Lamongan

Tenun Ikat Lamongan

Kabupaten Lamongan, merupakan salah satu daerah sentra kerajinan kain tenun ikat yang kualitasnya cukup baik. Tenun ikat khas Lamongan memang kurang populer jika dibandingkan dengan tenun ikat asli Jepara, Sintang, atau Toraja. Tetapi jangan salah, tenun ikat Lamongan ini tidak hanya memikat konsumen lokal namun juga diminati pasar internasional, sudah sampai ke pasar Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Irak, dan Mesir.

Kerajinan tenun ikat ini cukup dikenal dan menjadi andalan di Kabupaten Lamongan, di mana ciri khas dari tenun ikat ini adalah motif dan corak warna yang cukup sederhana namun memiliki nilai estetika yang cukup tinggi. Kain tenun ikat Lamongan memiliki ciri khas khusus, yaitu lebih cenderung menggunakan warna-warna lembut dan alami, seperti biru, merah, hitam, dan putih. Sedangkan motif yang sering dibuat berbentuk gunung atau segitiga, sebagai salah satu lambang bahwa Lamongan memiliki banyak bukit.

Sampai saat ini kerajinan berbahan dasar serat ini selalu berkembang besat mengingat permintaan pasar yang cukup tinggi. Beberapa sentra kerajinan tenun yang bisa dijumpai di Lamongan terdapat di Kecamatan Meduran, lebih tepatnya di Desa Parengan.

Industri kerajinan tenun ikat di Kabupaten Lamongan terdiri dari dua kelompok utama yaitu industri pengolahan dan industri jasa perdagangan. Industri pengolahan menghasilkan produk-produk kerajinan melalui kreasi, produksi dan komersialisasi. IKMĀ  di bidang kerajinan merupakan pelaku utama pada kelompok ini, sedangkan industri jasa perdagangan mendistribusikan produk-produk kerajinan melalui saluran-saluran distribusi yang terdiri dari berbagai bentuk saluran seperti toko, galeri, showroom, pasar modern dan pasar tradisional. Kerajinan tenun ikat di Kabupaten Lamongan ini memiliki potensi yang cukup besar untuk lebih bisa dikembangkan, dan sebagai contoh kerajinan yang bisa dijadikan trademark atau ciri khas dari Kabupaten Lamongan. (Guruh K.)

Leave a Reply