LEGITNYA BREM ANEKA RASA DARI MADIUN

Brem Madiun

Brem Madiun

Setiap daerah  memiliki hasil cipta, rasa dan karsa yang berbeda-beda, tak terkecuali kuliner. Saat kita berkunjung di satu daerah, kita tidak akan lepas dari keinginan untuk berburu oleh-oleh dari daerah tersebut, seperti makanan brem yang merupakan buah tangan asli dari Madiun.
Brem memang makanan khas yang berasal dari Madiun. Jika datang ke daerah ini maka banyak ditemukan brem Madiun yang sudah dikemas dalam kemasan kardus dan, dengan brem yang beraneka rasa. Makanan ini menjadi sangat terkenal karena cita rasanya yang unik dan menyegarkan. Jika dimakan, hhmmmm…. brem Madiun maka akan langsung meleleh di mulut, tidak perlu mengunyah dan brem akan meninggalkan cita rasa gurih dan sejuk dalam lidah.
Brem sendiri merupakan salah satu jenis makanan olahan khas dari Kabupaten Madiun yang dihasilkan dari proses fermentasi ketan hitam yang sudah diolah, kemudian diendapkan selama lebih dari 24 jam dengan memakai ragi atau mikroorganisme buatan. Setelah diendapkan, maka akan terdapat sari-sari dari ketan hitam yang diangkat dan dicetak dalam tempat khusus.
Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa buah tangan atau oleh-oleh berbahan dasar ketan hitam ini mulai terpinggirkan, oleh karena itulah para pengrajin brem melakukan inovasi dengan mengembangkan brem dengan aneka rasa, mulai dari rasa mocca, coklat, jahe dan buah-buahan.
Inovasi kreatif yang dilakukan oleh pengrajin brem ini, tidak hanya lebih meningkatkan penjualan mereka, tetapi juga merupakan usaha untuk mempertahankan dan melestarikan buah tangan khas dari Kabupaten Madiun.
Pentingnya mempertahankan dan melestarikan usaha kuliner ini dilatarbelakangi bahwa Kabupaten Madiun memiliki warisan budaya berupa produk makanan khas, yang pada dasarnya merupakan sumber keunggulan komparatif bagi daerah tersebut.
Jika dilihat dari rantai nilai di industri brem pada umumnya pengrajin brem tergantung dengan dukungan ketersediaan bahan pokok yang mudah didapat di daerah tersebut, kemudian dengan berjalanan waktu muncul kreasi. Kreasi ini berkembang sesuai dengan selera pasar seperti munculnya inovasi rasa brem yang beraneka ragam yang kemudian dilengkapi dengan kemasan brem yang menarik sesuai dengan selera pasar.
Brem adalah bagian dari industri kreatif yang bersifat turun temurun, hal ini menyangkut budaya masyarakat dalam cara pengolahan makan serta penyajiannya yang berbeda dengan daerah lain, sehingga brem menjadi ciri khas daerah madiun. Usaha brem merupakan bagian dari kegiatan ekonomi kreatif yang berbiaya rendah, akan tetapi jika diolah dengan baik akan memiliki pangsa pasar yang luas serta kedepan akan diminati masyarakat luas.
Jadi, jika sedang berkunjung ke Kabupaten Madiun dan ingin membawa buah tangan untuk kerabat, anda dapat langsung berkunjung ke sentra produksi brem yang berada di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Sedangkan, bagi yang berada di luar kota atau luar pulau namun  ingin mencicipi makanan khas ini, anda dapat memanfaatkan memanfaatkan media internet untuk pemesanan online. (Guruh K.)

Leave a Reply